5 Emas Paling Berharga!

Sebagai manusia, kita pasti pernah berpikir untuk apa hidup ini, apa yang berarti dalam hidup, terkadang juga kita tidak pernah tau untuk apa tujuan kita di ciptakan oleh Tuhan? kita juga pasti pernah berpikir langkah apa yang seharusnya kita lakukan agar tidak salah dalam menjalani perjalanan dari perputaran roda kehidupan yang terkadang membuat pening kepala kita, bingung dalam hal segala aspek kehidupan, tak pernah tau kepastian dalam hidup, jadi adakah hal yang benar-benar membuat hidup kita berarti? jawabannya ada. yah.. anda tidak salah, bahwa memang ada solusi dari perhimpitan masalah kita.

ada sebuah saran bijak dari orang hebat. yaitu:

ingat lima perkara sebelum datang lima perkara.

  1. sehat sebelum sakit
  2. muda sebelum tua
  3. kaya sebelum miskin
  4. luang sebelum sempit
  5. hidup sebelum mati.

dari sini dapat kita pelajari tentang makna hidup dari nasehat tersebut, jika kita mempelajari hingga menelaah makna yang terkandung di dalam saran di atas, selayaknya kita bisa memperkuat keyakinan dan pendirian kita dalam menghadapi badai masalah hidup. jika kalian bertanya dari mana datangnya saran tersebut maka disini saya akan memberikan penekanan bahwa saran tersebut berasal dari orang terhebat di muka bumi. kehebatan dan keluarbiasaannya tak tertandingi Ia adalah idola seluruh manusia. IYA tiada lain tiada bukan Ia adalah Nabi Muhammad Saw.

Ia adalah sebaik-baiknya pribadi yang menjunjung pola pemikiran yang seimbang antara Ilmu Ilmiah dan jiwa yang berakhlakul karimah. sebagai bukti dari dalamnya sumur ilmu pengetahuan dan pembelajaran yang dapat kita ambil dari saran di atas. berikut kita akan mempelajarinya bersama-sama.

A.  SEHAT SEBELUM SAKIT

Yang pertama adalah ugkapan ”sehat sebelum sakit”,dalam hal ini kita diingatkan akan luarbiasanya kenikmatan sehat, hingga sehat tak ternilai harganya, banyak orang yang saat ini sedang berbaring di instansi kesehatan yang berusaha penuh mengelularkan banyak biaya hanya untuk bisa merasakan nikmatnya kesehatan. jika dalam hal ini kesehatan lebih utama dari kesakitan maka alangkah baiknya jika kita benar-benar mengisi kesehatan kita dengan hal yang bermanfaat, lagi lebih baik.

B. MUDA SEBELUM TUA

Yang kedua adalah makna ungkapan bagi kalangan yang di beri keleluasaan umur untuk dapat lebih baik menikmatinya. berbanding terbalik, makna ini justru bukan untuk golongan orang yang terlalu banyak makan asam garam kehidupan. hingga pada intinya kalangan muda diharapkan terus berkarya hingga tiada penyesalan di hari tua. karena banyak kalangan tua yang terlambat hingga tak sempat menikmati masa mudanya. so keep spirit for succes!.

C. KAYA SEBELUM MISKIN

yang ketiga ungkapan ini dimaksudkan untuk kita yang memiliki materi hingga mampu di beri dan digunakan untuk beberapa hal. tentu saja setelah kita memenuhi  kebutuhan prima kita, namun jika kita bisa dan mampu untuk memanfaatkan harta kita kepada hal yang jauh lebih baik sebelum datangnya masa miskin,maka lakukan dan jangan di tunda!. Maksud harta dan materi disini adalah kemampuan finansial seseorang. yang dianjurkan saling berbagi dan tolong menolong dalam hal kebaikan kepada orang yang membutuhkan.

D. LUANG SEBELUM SEMPIT

Yang keempat, menurut pengalaman penulis, nikmat luanglah yang terkadang dilupakan dan di abaikan oleh kebanyakan orang yang ada dimanapun. kenapa?, karena waktu adalah dua sisi mata pisau, dua sisi ini akan tetap berpengaruh pada siapapun termasuk pada orang yang sibuk. Tapi sibuk dalam hal yang kurang baik, terutama bagi waktu luang yang dilupakan,diabaikan,bahkan dibiarkan berlalu begitu saja, padahal waktu luang adalah hal penting karena dalam waktu luang justru kita bisa lakukan apa saja kegiatan dan perbuatan ang kita inginkan. jika sudah datang nya waktu sempit kita akan kebingungan dan sulit sekali mengendalikan diri. maka dari itu gunakanlah waktu dengan semaksimal mungkin sibukkan diri dengan kesibukan yang baik dan positif. sebelum adanya penyesalan hingga waktu terbuang begitu saja. bukankah orang hebat selalu mengatakan ”time is money”.?

E. HIDUP SEBELUM MATI

Yang kelima dan yang terakhir, ungkapan ”hidup sebelum mati” inilah puncak argumen pemikiran yang terkadang di lupakan oleh banyak orang. terkadang banyak orang yang terlupakan oleh dunia dan terlena oleh hal yang benar-benar merusak kehidupan. justru karena merusak, malah banyak orang yang melakukan. kenapa ,karena orang terlalu nyaman, padahal mengingat hidup sebelum mati itu adalah hal yang paling penting. Di point terakhir ini menjadi point yang benar-benar ditujukan sebagai pengingat untuk menghiasi diri di dalam hal yang positif lagi bermanfaat, dalam hidup ini sebelum maut menjemputmu.

 

Kesimpulan dari apa yang telah kita peroleh ialah bahwa kita sebaiknya harus menyiapkan segala bentuk tindakan dan perbuatan yang benar-benar baik lagi bermanfaat bagi diri sendiri dan juga orang lain agar tidak ada penyesalan dikemudian hari..

  • Ini adalah implementasi kesungguhan hati untuk meraih kesuksesan yang hakiki.
Facebook Comments Box

Raja Singasari

Add comment

CoretanPelajar

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

covid-19 widget

Email Newsletter

MailChimp newsletter form can be embedded here!

For more info, please visit MailChimp documentation.

WhatsApp chat