Daring Sejarah Indo kelas X

Kita akan belajar tentang sejarah…….

Sebelum kita belajar……ย  Bapa sampaikan tugas kalian baca dari awal sampai akhir…..ย  Ingat IQRO

๐Ÿ˜‰

 

Apa itu sejarah…..?

Secara Umum Pengertian Sejarah adalah kejadian yang terjadi di masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan atau bukti-bukti berbagai peristiwa. Peninggalan-peninggalan atau bukti-bukti tersebut adalah sumber sejarah.

Sampai sini Faham?

Kita lanjut…….

Ruang Lingkup Sejarah

Ruang lingkup sejarah merupakan pemahaman yang menjadi sejarah sebagai ilmu pengetahuan. Ruang lingkup sejarah meliputi konsep sejarah, unsur sejarah, dan hubungan sejarah dengan ilmu. Berikut penjelasan ruang lingkup sejarah…

  • Sejarah sebagai peristiwa,ย adalah kejadian, kenyataan (realita), aktualitas sejarah yang telah terjadi atau berlangsung di masa lalu. Sejarah mengandung kejadian yang terladi atau berlangsung di masa lalu.
  • Sejarah sebagai kisah, adalah suatu rangkaian cerita yang berupa narasi yang disusun menurut ingatan, tafsiran, manusia atau kesan.
  • Sejarah sebagai ilmu,ย mempelajari kenyataan dengan mengadakan penelitian dan pengkajian mengenai peristiwa cerita sejarah. Sejarah sebagai ilmu pengetahuan terdapat beberapa syarat ilmiah misalnya empiris, objektif, teori, dan kesimpulan umum (menggeneralisasikan).
  • Sejarah sebagai seni, dikatakan sebagai seni karena sejarah memerlukan inutisi, imajinasi, emosi dan gaya bahasa dalam penulisan sejarah.

Jenis-Jenis Sumber Sejarah – Sumber sejarah dikelompok menjadi beberapa macam antara lain sebagai berikut…
1,ย Sumber Lisan,ย adalah sumber sejarah yang didapatkan langsung dari keterangan para pelaku sejarah atau saksi mata peristiwa di masa lampau. Seperti seorang anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang pernah ikut serangna umum menceritakan peristiwa yang dialami kepada orang lain, apa yang sudah dialami dilihat serta yang dilakukannya merupakan penuturan lisan (sumber lisan) yang dipakai untuk bahan penelitisan sejarah.
2. Sumber Tertulis,ย adalah sumber sejarah yang didapatkan dari peninggalan-peninggalan tertulis, catatan peristiwa terjadi di masa lamapu, seperti naskah, surat kabar, dokumen, tambo (catatan tahunan dari cina), babad, dan rekamanย 
3. Sumber Benda (Artefak),ย adalah sumber sejarah yang didapatkan dengan peninggalan-peninggalan yang berupa benda-benda kebudayaan. Seperti kapak, perhiasan, candi, gerabah, manik-manik dan patung. Namun sumber sejarah tersebut belum dapat dipastikan kebenarannya. Oleh karena itu sumber-sumber sejarah memerlukan penelitian, pengkajian, analisis, da penafsiran yang cermat oleh para ahli.ย ย 

Untuk lebih jelas dan lengkapnya bisa liat di Video dibawah

Video

Ok……..

Kita akan praktek bagaimana mencari sumber sejarah…..ย  Tadi diatas menjelaskan sumber sejarah itu ada 3.

1 Lisan,

2 Tulisan,

3 benda….

Hayuh Bangun dari tempat tidur/bangku mari kita Mencari sumber sejarah dari sekeliling kita untuk membuat Tulisan Sejarah Sebagai kisah/cerita

Klik gambar dibawah

๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

Coretanpelajar.rf.gd

Facebook Comments Box

Add comment

CoretanPelajar

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

covid-19 widget

Email Newsletter

MailChimp newsletter form can be embedded here!

For more info, please visit MailChimp documentation.

WhatsApp chat