Materi Matsama Ukhuwah Islamiyah & Basyariah

Dalam ajaran Islam, makna Ukhuwah Islamiyah bukan sekadar istilah. Lebih dari itu, istilah ‘Ukhuwah Islamiyah’ punya makna mendalam bagi umat Muslim.

Secara definisi, pengertian Ukhuwah Islamiyah diartikan sebagai hubungan (persaudaraan) antara sesama Muslim di seluruh dunia tanpa melihat perbedaan kulit, suku, bahasa, dan kewarganegaraan.

Unsur terpenting dalam sebuah Ukhuwah Islamiyah yaitu kesamaan keyakinan atau iman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Ikatan keimanan ini bahkan lebih kuat dibandingkan ikatan darah.

Sebagaimana sabda Rasulullah, “Belum disebut beriman salah seorang diantara kamu sehingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari Muslim)

Dengan kekuatan keimanan tersebut, harapannya Ukhuwah Islamiyah mampu menyatukan cita-cita, visi-misi, sikap dan tujuan dari Islam itu sendiri secara lebih luas.

Kemudian, umat Islam diharapkan mengedepankan sedikitnya beberapa ‘tiang penyangga’ Ukhuwah Islamiyah melalui penerapan sikap:

  • Takaful: saling membantu, memberi jaminan rasa aman.
  • Ta’awun: saling tolong-menolong.
  • Tasamuh: saling menghargai dan bertoleransi.
  • Tafahum: saling memahami kelebihan dan kekurangan.
  • Ta’aruf: saling kenal mengenal.

Ukhuwah basyariyah(persaudaraan umat manusia). Ukhuwah basyariyah bisa juga disebut ukhuwah insaniyah. dalam konsep ukhuwah basyariyah, seseorang merasa saling bersaudara satu sama lain karena merupakan bagian dari umat manusia yang satu yang menyebar di berbagai penjuru dunia. Dalam konteks ini, semua umat manusia sama-sama merupakan makhluk ciptaan Tuhan

Dengan semangat ukhuwah basyariyah, seseorang melihat orang lain terutama sebagai sesama manusia, bukan apa agamanya, sukunya, bangsanya, golongannya, identitasnya, dan baju-baju luar lainnya. Kita mau menolong seseorang yang membutuhkan pertolongan bukan karena dia seagama, sesuku, atau sebangsa dengan kita misalnya, melainkan karena memang dia seorang manusia yang berada dalam kesulitan dan sudah seharusnya kita tolong, apa pun agama dan sukunya.

Dalam ukhuwah basyariyah, seseorang merasa menjadi bagian dari umat manusia yang satu: jika seorang manusia “dilukai”, maka lukalah seluruh umat manusia.

Dengan semangat ukhuwah basyariyah/insaniyah, marilah kita tebarkan semangat “bersaudara” antar sesama manusia untuk mewujudkan kehidupan yang semakin baik, indah, adil, dan maslahah.

Hadis Nabi yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim mengatakan :

“Dari Abu Hamzah Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, pembantu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Salah seorang di antara kalian tidaklah beriman (dengan iman sempurna) sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sesungguhnya kata, “saudara” dalam hadis di atas bukanlah sekadar sesama Muslim, melainkan sesama umat manusia.

 

 

Ok Sekang sudah tahukan apa itu Ukhuwah Wathaniyah(divideo Cek video) apa itu ukhuwah islamiyah dan Basyariah

sekrang bapa kasih sedikit kerjaan nih…… menurut kalian apa sih 3 Ukhuwah diatas itu…. terus dalam keseharian kalian ada tidak………… contohkan dong…. terus foto upload dibawah ini
UPLOAD

Facebook Comments Box

Add comment

CoretanPelajar

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

covid-19 widget

Email Newsletter

MailChimp newsletter form can be embedded here!

For more info, please visit MailChimp documentation.

WhatsApp chat